Cara Merawat Kelinci

Jika Anda berpikir untuk mendapatkan hewan peliharaan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan kelinci. Kelinci membuat tubuh yang sangat baik, karena mereka memiliki kepribadian yang luar biasa dan mudah beradaptasi dengan gaya hidup domestik, bahkan menyesuaikan diri dengan baik dengan kucing atau apartemen. Untuk tetap sehat dan bahagia, kelinci memang membutuhkan perawatan khusus, dimulai dengan banyak jerami, pelet, sayuran berdaun sesekali, sarang yang hangat dan nyaman, dan waktu untuk berlari dan melompat ke isi hati mereka. Kelinci dapat disimpan di dalam ruangan atau di luar ruangan (izin cuaca karena mereka sensitif terhadap panas) di kandang tahan predator. mereka lebih suka di luar ruangan karena seperti ada di sana habitat alami. Membuat Artikel HomeDownload

Pilih jenis perumahan yang tepat. Untuk kelinci berukuran rata-rata 8 pon atau lebih, Anda memerlukan kandang yang lebarnya setidaknya empat kaki, kedalaman empat kaki, dan tinggi tiga kaki. Kelinci harus dapat berbaring dan meregang dengan nyaman dan masih memiliki ruang untuk makanan dan air dan kotak sampah.Gubuk luar ruangan dengan lantai kayu cenderung terperangkap dalam amonia dan mungkin tidak sehat untuk kelinci Anda. Lantai kawat (sebaiknya pvc dilapisi, 14-gauge kawat double-galvanized dengan 1/2 “x 1” lubang, meskipun kawat galvanis 16-gauge dengan 1/2 “x 1”) dapat diterima dengan tikar istirahat, meskipun breed berbulu yang lebih besar dan rex mungkin memiliki lebih banyak masalah dengan sakit hocks daripada yang lain.Dapatkan pena latihan untuk memberikan ruang ekstra bagi kelinci untuk bergerak.Kelinci besar akan membutuhkan akomodasi yang lebih besar. Kelinci harus bisa bergerak dan berbaring dengan bebas. Pastikan untuk memiliki kandang yang cukup besar sehingga kelinci Anda bisa bermain!Beberapa pemilik suka melakukan apa yang disebut “Free Range Rabbit Housing.” Di sinilah Anda memberi kelinci Anda kebebasan untuk mengambil bagian atau seluruh rumah, seperti yang Anda lakukan dengan anjing atau kucing. Namun, perlu diingat bahwa kelinci adalah pengunyah berat dan tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan. Area untuk berkeliaran bebas harus “bunny-proof” dan tidak memiliki kabel, baseboard, dan karpet untuk kelinci Anda untuk mengunyah.

See also  Cara Merawat Kelinci Anda

Dapatkan jenis kandang yang tepat. Carilah kandang dengan bagian bawah atau bawah kawat yang solid (kawat galvanis ganda 14-gauge dengan lubang 1/2 “x 1”, meskipun kawat galvanis 16-gauge dengan 1/2 “x 1” saja) dan sisi yang terbuat dari kawat yang dirancang untuk kelinci. Anggap ini sebagai “sarang” bagi kelinci untuk tidur dan sumber makanan dan air. Rencananya adalah bahwa kelinci menghabiskan 8-12 jam atau lebih di luar kandang di sebuah ruangan untuk eksplorasi kelinci-aman. [1]

Kedua gaya kandang datang dengan pro dan kontra. Lantai padat perlu dibersihkan lebih sering untuk mencegah urin bersisik dan luka. Tempat tidur harus kelinci aman dan tidak beracun. Lantai kawat dapat dibersihkan lebih jarang dan diperlukan untuk breed dengan wol untuk menjaga kotoran, tempat tidur dan urin dari anyaman di mantel (jika tidak, kelinci harus selalu dicukur). Harus selalu ada tikar istirahat di kandang kawat untuk mencegah sakit hocks. Keturunan yang lebih besar seperti raksasa Flemish memiliki bobot lebih dan mungkin tidak cocok untuk lantai kawat. Rex berkembang biak, seperti rex standar memiliki bulu tipis di bagian bawah kaki mereka dan mungkin lebih rentan terhadap luka jika pada kawat.

1Pilih kandang dengan bagian bawah yang solid atau lantai kawat dengan tikar istirahat (kawat galvanis ganda 14-gauge dengan lubang 1/2 “x 1”, meskipun kawat galvanis 16-gauge dengan 1/2 “x 1” saja). Reputasi buruk yang didapat lantai kawat berasal dari penyalahgunaan dan pengabaian kawat, terutama dari menggunakan jenis lantai kawat yang salah dan / atau tidak menggunakan permukaan istirahat. Jangan tertipu, lantai padat datang dengan risiko urin scald dan matting dalam breed wol unshorn dan juga dapat disalahgunakan. Setiap jenis kandang datang dengan pro dan kontra sendiri. Perhatikan hewan peliharaan kesayangan Anda, potong kuku secara teratur, dan jaga area tetap bersih.

1Kelinci adalah hewan teritorial dan pasangan harus dilakukan dengan hati-hati. Meskipun ada kelinci yang mendapat manfaat dari perusahaan lain (selalu spay dan neuter sebelum ikatan untuk meminimalkan agresi hormonal!), Beberapa mungkin tidak pernah terikat dengan kelinci lain, bahkan ketika diperbaiki. Pasangan yang paling sukses adalah pasangan pria / wanita tetap. Kelinci yang tidak diperbaiki akan sering berkembang biak, atau bertarung (kadang-kadang mengerikan). Ikatan seharusnya tidak pernah dilakukan dengan kelinci yang tidak diperbaiki.

See also  Cara Menjaga Bayi Kelinci Liar Tetap Hidup

Untuk lantai padat, lapisi kandang dengan tempat tidur kertas atau serutan kayu Aspen. Ada juga beberapa tempat tidur khusus yang terbuat dari bubur kayu daur ulang yang bekerja dengan baik. [2] Kelinci suka membuat sarang yang nyaman, jadi isi bagian bawah kandang dengan bahan alami yang lembut agar tetap nyaman.Hay, selain menjadi tempat tidur yang bagus, adalah bagian terpenting dari diet kelinci, jadi pastikan Anda memilih jerami yang tepat untuk kelinci Anda. Timothy atau jerami rumput cocok untuk kelinci. Hindari jerami alfalfa (hanya jika kelinci Anda berusia lebih dari enam bulan) karena terlalu tinggi kalori, protein dan kalsium untuk makan jangka panjang untuk semua kelinci dewasa. [3]

Tempatkan kandang di area tahan kelinci. Anda akan ingin dapat membiarkan kelinci Anda keluar untuk melompat-lompat, jadi tempatkan kandang di ruangan yang Anda tidak keberatan berbagi dan itu aman untuk kelinci. Misalnya, lepaskan semua kabel listrik, benda-benda kecil, dan furnitur bernilai dari ruangan dan hindari memiliki bahan kimia atau tanaman yang dapat membahayakan kelinci di dalam ruangan.Kelinci suka mengunyah tali tetapi Anda dapat membeli pelindung kabel dari toko perangkat keras untuk menghentikan kelinci Anda mengunyahnya.Gunakan gerbang bayi atau pena latihan untuk anjing untuk mencegah akses penuh ke rumah untuk menghindari kerusakan pada perabotan dan kelinci.

Sediakan kotak sampah. Kelinci secara alami akan menggunakan tempat yang sama dengan “toilet” berulang-ulang, biasanya salah satu sudut kandang. Lapisi kotak sampah kecil (tersedia di toko hewan peliharaan) dengan koran, lalu isi dengan jerami, atau sampah yang dibuat khusus untuk kelinci, dan letakkan di sudut pilihan kelinci.Pertimbangkan untuk meletakkan kotak sampah kedua di area bermain kelinci.

Buat tempat persembunyian di kandang kelinci Anda. Kelinci menggali hewan mangsa, jadi menyediakan tempat persembunyian, seperti kayu atau kotak kardus, baik untuk kesejahteraan mereka. Satu atau dua per kelinci, tergantung pada berapa banyak ruang yang Anda miliki, akan memberi kelinci banyak ruang untuk meringkuk.

See also  Perawatan Kelinci: Panduan Lengkap

Tambahkan kotak kardus untuk kelinci bermain, bersembunyi dan mengunyah. [4] Kelinci suka mengunyah, dan itu membuat gigi mereka sehat. Jika Anda tidak memberikan mengunyah kelinci sebagai makanan ringan, itu mungkin mengunyah furnitur Anda atau barang-barang lain yang Anda miliki tergeletak di sekitar. [1]Pastikan kelinci Anda selalu memiliki sesuatu yang aman untuk dikunyah. Ini akan melemahkan giginya dan mencegah cedera.Menyediakan Makanan, Makanan Ringan dan Artikel WaterDownload

Keluarkan jerami rumput tak terbatas. Ini adalah komponen utama dari diet kelinci dan karenanya harus tersedia setiap saat. Timothy, oat, dan brome hay adalah pilihan yang baik. Keluarkan setiap hari di area kandang kelinci yang bersih.Untuk kelinci muda yang sedang tumbuh (hingga 4 bulan) beri makan jerami dan pelet alfalfa untuk memberikan kalori ekstra yang dibutuhkan untuk tahap kehidupan ini. [3]Jerami rumput siap kering tersedia dari toko hewan peliharaan dan toko pakan atau Anda dapat menanam nampan rumput khusus untuk kelinci.

Berikan kelinci hidangan kelinci timothy hay pellets. Ini mengandung protein dan serat, penting untuk menumbuhkan kelinci. Kelinci dewasa harus mendapatkan 1/4 cangkir untuk setiap 5 pon berat badan. [1]Kelinci adalah herbivora dan bahkan sayuran dapat membuat mereka menambah berat badan (hindari memberi makan sayuran terlalu sering atau jika kelinci masih muda karena mereka memiliki nyali sensitif). Pelet adalah energi yang lebih terkonsentrasi daripada jerami dan harus diberi makan dengan hemat.Ingatlah bahwa kelinci Anda tidak bisa hidup dengan pelet sendirian. Sangat penting bagi saluran pencernaan kelinci untuk memiliki serat induk panjang yang tidak dapat dicerna dalam bentuk Timothy atau jerami rumput untuk mencegah bola rambut (trichobezoars) dan untuk menjaga sistem pencernaannya bahagia dan sehat. Mengunyah serat batang panjang juga membantu untuk memakai gigi kelinci terus tumbuh (hypsodont) dan mencegah masalah gigi.Bayi kelinci dapat memiliki pelet alfalfa sebanyak yang mereka inginkan sampai mereka berusia 6-7 bulan.