Cara Merawat Kelinci Rumah (dengan Gambar)

Kelinci rumah bisa menjadi tambahan yang menyenangkan bagi keluarga. Namun, hewan-hewan ini perlu memiliki perawatan sebanyak anjing atau kucing. Kelinci biasanya hidup 8 hingga 12 tahun, jadi mereka membutuhkan komitmen jangka panjang dari pemiliknya. [1] Ada aturan tertentu yang perlu Anda ikuti dan persiapan yang perlu Anda buat sebelum Anda memutuskan untuk mendapatkan kelinci. Setelah Anda siap untuk kelinci, Anda dapat belajar untuk mengurus satu di rumah Anda. Membeli Persediaan untuk Kelinci

Beli kandang yang cukup besar untuk kelinci Anda bergerak. Meskipun kelinci Anda akan berada di luar kandangnya banyak waktu, itu harus memiliki tempat berlindung sendiri yang aman jauh dari segala sesuatu yang lain. Di sinilah ia akan tidur setiap malam dan juga di mana ia dapat mundur ketika merasa kesal atau tidak aman. [2]Ini bisa menjadi kandang besar yang lapang atau bahkan pena anjing. Pastikan kelinci Anda merasa aman di sini.

Beli tempat tidur yang cukup untuk menutupi bagian bawah kandang. Tempat tidur yang Anda butuhkan untuk kelinci Anda akan bervariasi. Bereksperimenlah dengan berbagai jenis tempat tidur untuk melihat apa yang paling disukai kelinci Anda. Pilihan umum adalah kertas robek, jerami, dan jerami. Cobalah untuk menghindari sebagian besar serutan kayu, karena mereka mungkin terhirup secara tidak sengaja. [3]Jika Anda menggunakan serutan kayu, hindari cedar, pinus, dan serutan beraroma lainnya.

Siapkan kotak kotoran kelinci. Karena kelinci Anda tinggal di dalam ruangan, itu akan membutuhkan kotak sampah. Tidak ada satu kotak sampah yang sempurna untuk semua kelinci. Kelinci Anda mungkin lebih suka kotak dengan penutup, dan ketinggian sisi juga dapat bervariasi, karena beberapa mungkin terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk itu. Mulailah dengan kotak kotoran kucing yang cukup besar untuk berbaring dengan nyaman. [4]Anda mungkin berpikir untuk mendapatkan beberapa kotak. Dengan cara ini, kelinci Anda akan dapat berlari di sekitar seluruh rumah tanpa perlu sampai ke ujung lain rumah untuk melakukan bisnisnya.Jenis sampah juga dapat berubah tergantung pada kelinci Anda. Bereksperimenlah dengan berbagai jenis. Jenis umum termasuk sampah kucing silika, kertas robek, serutan kayu yang bukan pinus atau cedar, jerami, dan jerami.Pastikan itu tidak menggumpal dan tidak terbuat dari tanah liat. Hal-hal ini dapat membahayakan kelinci Anda jika menelannya atau menghirupnya.

See also  Cara Rumah, Memberi Makan, Dan Merawat Kelinci

Beli mangkuk makanan keramik kelas berat. Kelinci Anda akan membutuhkan mangkuk makanan sendiri. Pastikan itu terbuat dari bahan yang berat, seperti keramik. Ini membantu kelinci menjaga sisi kanan mangkuknya, karena sebagian besar kelinci suka memberi tip pada mangkuk makanan mereka. [5]Juga pastikan sisi cukup tinggi untuk menjaga makanan tetapi cukup rendah untuk kelinci Anda dari makan dengan nyaman.

Dapatkan botol air atau mangkuk. Botol air sering datang dengan kandang, tetapi masih merupakan ide yang baik untuk memiliki beberapa. Hal ini lebih alami untuk minum dari mangkuk, tetapi ini dapat mengetuk, tidak seperti botol air. [6]Botol air bisa mengganggu kelinci Anda. Jika Anda melihat ini, beralih ke mangkuk air keramik yang berat.

Beri makan kelinci Anda banyak jerami. Makanan ideal untuk kelinci adalah rumput dan jerami, yang merupakan apa usus mereka dirancang untuk memproses. Idealnya, berikan sebagian besar makanan kelinci Anda sebagai jerami hijau segar. Sangat penting untuk menggunakan jerami yang baik. Bagi kebanyakan kelinci, timothy hay adalah yang terbaik untuk digunakan. [7]Ketika kelinci Anda makan jerami, ia menyediakan serat yang diperlukan untuk fungsi pencernaannya.Anda juga dapat melapisi kotak kotoran kelinci Anda dengan jerami.Hay juga menyediakan tempat penggalian yang bagus untuk kelinci. Ini sering sangat menghibur bagi kelinci, terutama jika Anda menyembunyikan suguhan, seperti potongan apel atau Cheerios di dalamnya. Anda juga dapat menggunakan kertas yang diparut juga untuk tempat penggalian. [8]

Berikan pelet kelinci Anda dan buah-buahan dan sayuran sebagai suplemen untuk jerami. Tambahkan diet kelinci Anda dengan sejumlah kecil pelet yang diekstrusi (setiap kibble terlihat sama) dan buah dan sayuran segar. Sayuran umum termasuk brokoli, bok choy, puncak wortel, atasan bit, ketumbar, collards, brussel sprouts, kale, kubis, dan sayuran hijau lainnya. [9]Hindari membiarkan kelinci di sekitar jam akses ke pelet, karena mungkin akan menjadi kelebihan berat badan dan tidak sehat. Hindari juga makanan kelinci dengan warna-warna cerah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah di dalamnya. Ini biasanya tinggi gula dan karbohidrat.Jika Anda tidak yakin jenis sayuran apa yang akan digunakan, tanyakan kepada dokter hewan atau peternak kelinci setempat untuk saran mereka tentang makanan.Hindari vitamin sebagai suplemen untuk diet kelinci Anda. Kelinci yang sehat benar-benar tidak membutuhkannya.Meskipun persepsi umum, memberikan kelinci terlalu banyak wortel bisa sangat berbahaya. Mereka menikmati wortel sebagai camilan kecil, tetapi Anda tidak boleh memberi makan wortel ke kelinci setiap hari. Mingguan biasanya baik-baik saja.

See also  Cara Merawat Kelinci Bertelinga Lop Anda

Berikan mainan dan barang pengayaan lainnya untuk kelinci Anda. Sama seperti hewan peliharaan rumah lainnya, kelinci Anda membutuhkan mainan untuk membuat mereka terhibur. Beli berbagai mainan untuk itu, seperti mainan kunyah atau terowongan dengan ruang untuk masuk. Anda dapat membuat sendiri, seperti kotak kardus dengan lubang berukuran kelinci. [10]Mainan kunyah buatan sendiri yang bagus adalah ranting pohon Applewood yang tidak diobati. Pastikan ranting bersih dan tidak diobati sebelum Anda memberikannya.Jika Anda memilih jenis pohon lain, pastikan itu tidak beracun dan biarkan mengering setidaknya selama 6 bulan sebelum Anda memberikannya kepada kelinci Anda. Applewood, bagaimanapun, tidak memerlukan perawatan ini. Pastikan itu bersih dan tidak diobati.Pastikan Anda mendapatkan mainan yang memiliki tujuan berbeda. Kelinci yang berbeda menikmati mainan yang berbeda.Memilih Kelinci Anda

Pastikan Anda memiliki waktu dan energi untuk merawat kelinci. Kelinci bukanlah hewan dengan perawatan rendah. Mereka membutuhkan jumlah waktu, uang, dan perawatan yang sama dengan anjing dan kucing. Mereka membutuhkan mangkuk air, makanan kelinci berkualitas tinggi, mainan, latihan sebanyak anjing, dan nampan sampah. Selain itu, mereka membutuhkan perhatian harian Anda. [11]Hewan-hewan ini memiliki kepribadian mereka sendiri dan berhati-hati. Pikirkan tentang mendapatkan hewan pemeliharaan yang lebih rendah jika Anda tidak berpikir Anda punya waktu dan uang untuk merawat kelinci.Anda harus menghabiskan setidaknya 3 jam sehari dengan kelinci Anda di luar kandangnya, tetapi mungkin juga menyukai lebih banyak waktu di dalam kandang. Kelinci akan kesepian dan tertekan jika mereka tidak memiliki cukup interaksi manusia setiap hari.Jika Anda tidak bisa bersama kelinci Anda cukup lama setiap hari, pertimbangkan untuk mendapatkan kelinci lain. Pastikan Anda menempatkan mereka secara terpisah sampai Anda memperkenalkannya dengan benar sehingga mereka dapat terikat. Kelinci tidak suka berbagi ruang kecuali mereka telah terikat secara khusus.

See also  Cara Merawat Kelinci Anda

Tentukan jenis kelinci apa yang Anda inginkan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kelinci. Putuskan apakah Anda menginginkan jenis kelinci tertentu dan jika Anda menginginkannya memiliki silsilah. Ada banyak breed yang berbeda, yang akan bervariasi dalam ukuran dan pewarnaan serta temperamen. Anda juga perlu memutuskan apakah Anda menginginkan kelinci jantan atau betina dan perkiraan usia apa yang Anda inginkan untuk kelinci Anda. [12]Lakukan penelitian tentang semua breed yang berbeda jika Anda tidak yakin seperti apa yang Anda inginkan.

Periksa pusat penyelamatan, toko hewan peliharaan, dan peternak untuk menemukan kelinci. Jenis kelinci yang Anda pilih dapat memutuskan dari mana Anda mendapatkannya. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan faktor-faktor spesifik, Anda dapat melihat ke pusat penyelamatan dan memilih dari kelinci mereka. Ini juga memiliki manfaat menjadi lebih tua, biasanya telah melalui fase remaja yang canggung, dan biasanya dimandulkan atau dikebiri. [13]Anda juga bisa membeli dari toko hewan peliharaan. Kualitas perusahaan-perusahaan ini dapat bervariasi, jadi carilah toko dengan hewan yang terawat baik dan staf yang terinformasi.Jika Anda memiliki jenis tertentu dalam pikiran, Anda dapat melihat ke peternak untuk jenis kelinci tertentu. Anda juga dapat belajar tentang garis keturunan kelinci. Kelinci ini juga cenderung lebih disosialisasikan ketika Anda mengadopsinya, karena mereka telah ditangani sejak lahir oleh peternak.

Lihat bagaimana kit berinteraksi dengan orang tuanya dan kelinci lainnya. Jika Anda berencana untuk mendapatkan kit, juga dikenal sebagai bayi kelinci, Anda harus mengikuti pedoman tertentu.Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, tanyakan kepada pemilik orang tua tentang kepribadian dan temperamen orang tua. Mereka mungkin bertindak berbeda karena Anda orang asing atau karena Anda berada di dekat sampah mereka.