Panduan untuk Kelinci Baru Anda

Kelinci membuat hewan peliharaan yang fantastis karena sejumlah alasan, tetapi jika Anda tidak tahu cara merawat kelinci, mengadopsi yang pertama bisa sangat banyak. “Kelinci adalah teman yang luar biasa, tetapi mereka bukan hewan peliharaan pemula,” kata Natalie L. Reeves, seorang advokat kelinci dan pendiri organisasi penyelamatan dan pendidikan kelinci Big Apple Bunnies. “Mereka membutuhkan cinta dan perhatian yang sama seperti anjing dan kucing, tetapi mereka lebih halus. Juga, karena tulang mereka dapat dengan mudah patah dan mereka sering tidak suka dijemput, kelinci tidak selalu menjadi hewan peliharaan terbaik untuk anak-anak yang dimengerti ingin menahan mereka.

Dr Tiffany Margolin, DVM, setuju dan menambahkan, “Kelinci sangat berbeda dari hampir semua hewan di bumi, karena mereka adalah hewan peliharaan, namun mereka memiliki sangat sedikit kesamaan dengan anjing, kucing atau burung kita. Sebenarnya, mereka paling mirip kuda karena sistem pencernaan mereka adalah bagian tubuh mereka yang paling penting dan rentan dalam hal kesehatan.

Di sisi positifnya, kelinci peliharaan baru Anda akan cerdas, tenang dan ramah, dan akan mengembalikan semua cinta yang Anda berikan kepadanya, Reeves menambahkan. Jika Anda telah melakukan penelitian dan berpikir Anda siap untuk kelinci peliharaan baru, ingatlah beberapa dasar perawatan kelinci ini sebelum membawa pulang kelinci peliharaan baru Anda. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang cara merawat kelinci: Cara Merawat Kelinci

Kelinci peliharaan baru Anda akan membutuhkan beberapa hal yang sangat spesifik untuk menjaga mereka tetap aman dan bahagia di rumah baru mereka. “Kelinci membutuhkan ruang yang aman di dalam ruangan di mana mereka akan menjadi bagian dari keluarga,” kata Reeves. Untuk itu, dia menyarankan untuk memberikan hal berikut: 1. Perumahan Kelinci

Reeves suka menyediakan kelinci dengan kandang yang memiliki pena latihan besar dan setidaknya 4×4 kaki ruang dengan ruang yang cukup untuk kotak sampah. Reeves juga menyarankan crocks berat untuk air bersih dan makanan dan setidaknya satu ruang bagi mereka untuk bersembunyi (seperti Ware Edible Twig Tunnel Hideout). “Banyak kelinci menyukai kondominium dupleks dan tripleks juga,” kata Reeves.

Apa pun kandang yang Anda gunakan, lantai harus memiliki area datar yang bukan kawat sehingga kelinci Anda tidak akan mendapatkan luka di kaki atau hocks, Dr. Margolin menambahkan. Anda akan membutuhkan tempat tidur juga, katanya, dan sampah kertas lunak daur ulang bekerja dengan baik. CareFresh Custom Guinea Pig &Rabbit Natural Paper Bedding adalah pilihan yang baik.

See also  4 Langkah Sederhana merawat Kelinci Rumah (dengan Gambar)

Perlu diingat bahwa ketika kelinci peliharaan baru Anda tidak ada di rumah mereka, mereka akan membutuhkan daya tarik untuk berlarian, jadi jika Anda memiliki lantai kayu keras atau ubin, Anda mungkin mempertimbangkan untuk meletakkan beberapa karpet area untuk ruang tempat kelinci Anda akan bermain. Penanganan Kelinci

Pada awalnya, orang tua kelinci baru seharusnya tidak mencoba menangani kelinci mereka lebih dari yang diperlukan, Reeves memperingatkan. Beberapa kelinci akan senang dipegang, tetapi sebagian besar tidak. “Bermain sedikit sulit untuk mendapatkan,” sarannya. “Berbaringlah di lantai dekat kelinci dan baca buku. Akhirnya kelinci Anda akan penasaran dan ingin datang menemui Anda. Pet dia di kepala dan menggosok pipinya atau punggung atas. Sebagian besar tidak suka disentuh di dekat area ekor. ”

Setelah kelinci Anda terbiasa dengan Anda, Anda dapat mulai bermain game. Habiskan waktu sebanyak mungkin dengan kelinci Anda, kata Reeves. Mereka menyukai perhatian, dan umumnya paling aktif di pagi dan malam hari. Kesehatan Kelinci

Kelinci dapat hidup sampai usia 13 tahun atau lebih dengan perawatan berkualitas, tetapi umur rata-rata mereka kurang. “Mereka harus dimandulkan atau dikebiri, sesuatu yang biasanya sudah diurus jika Anda mengadopsi dari tempat penampungan atau kelompok penyelamat,” kata Reeves. Bahkan, kelinci betina yang tidak dibayar memiliki hampir 100% kemungkinan kanker rahim, kata Dr. Margolin, yang dapat Anda cegah dengan spaying. Kelinci hewan peliharaan baru Anda akan memerlukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan yang cerdas kelinci setidaknya setahun sekali.

“Hal terpenting yang dapat dilakukan wali kelinci baru adalah mengenal kelincinya dan jika ada perubahan perilaku, terutama dalam kebiasaan makannya, pergilah ke dokter hewan,” kata Reeves. “Kelinci rentan terkena penyakit gastrointestinal [yang bisa berakibat fatal] jika tidak berhasil diobati.” Dr. Margolin menambahkan, “Anda harus ketat tentang nutrisi mereka, dan memeriksanya setiap hari untuk setiap perubahan kecil dalam nafsu makan atau tinja, karena mereka bisa masuk ke masalah medis besar dengan cepat jika usus mereka gagal.”

Cobalah untuk memberi makan kelinci Anda pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari, ukur makanan mereka, dan jika Anda memperhatikan bahwa mereka tidak menyelesaikannya pada waktu yang biasa, Anda mungkin perlu melakukan perjalanan ke dokter hewan. Dr. Margolin juga menyarankan untuk membuat janji perawatan setiap hari dengan kelinci Anda untuk melihat di bawah dan melalui rambut mereka untuk masalah apa pun. “Kelinci juga sangat rentan terhadap heatstroke,” tambah Dr. Margolin. “Jika cuaca hangat, selalu sediakan botol liter beku yang dingin atau dua es agar kelinci Anda bersandar.” 4. Nutrisi Kelinci

See also  Perawatan Kelinci: Panduan Lengkap

Komponen yang paling penting dari diet kelinci adalah jerami rumput, seperti jerami timothy (seperti Kaytee Timothy Hay Wafer-Cut) atau rumput kebun. “Tinggal jauh dari jerami alfalfa kecuali kelinci Anda adalah bayi,” kata Reeves.

Kelinci dewasa dapat memakan pelet kelinci seperti Oxbow Essentials Bunny Basics Adult Rabbit Food, tetapi pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sebelum mengubah diet kelinci peliharaan baru Anda.  “Jika Anda ingin memberi makan pelet, gunakan 1/3 cangkir per hari pelet timothy per kelinci,” dokter hewan merekomendasikan. Perlu diingat bahwa jumlah makanan yang harus Anda berikan kepada kelinci Anda per hari sangat tergantung pada berat badan mereka. Juga, jika memberi makan makanan kelinci, “mereka seharusnya tidak pernah memiliki pelet sebagai bagian inti dari diet,” kata Dr. Margolin.

Untuk melengkapi diet kelinci Anda, cobalah sayuran hijau. Menurut Reeves, “Kelinci bisa mendapatkan sayuran segar sebagai camilan, tetapi tidak semua kelinci dapat mentolerir mereka. Mulailah perlahan-lahan dengan memperkenalkan satu hijau, seperti peterseli Italia, untuk diet kelinci Anda selama beberapa hari. Jika dia menikmatinya dan melakukannya dengan baik, Anda bisa beralih ke sayuran hijau lainnya. ” Dr. Margolin menyarankan untuk mencoba salad selada daun merah segar, ketumbar atau dandelion hijau setiap hari juga. “Ini biasanya segelintir per kelinci,” katanya. Wortel, percaya atau tidak, tidak baik untuk kelinci Anda, kata Dr. Margolin, karena mereka memiliki terlalu banyak gula. Kelinci Anda mungkin juga menikmati suguhan lain, seperti Oxbow Simple Rewards Oven Baked Apple &Banana Treats, tetapi, sekali lagi, mulailah perlahan saat memperkenalkannya.

Kelinci Anda juga akan membutuhkan akses konstan ke tempayan air bersih yang besar dan berat. “Botol air gantung bisa bekerja,” kata Dr. Margolin, “tapi saya lebih suka Anda membeli mangkuk keramik non-tip untuk air sehingga mereka tidak mengumpulkan ganggang dan bakteri seperti yang mereka bisa dalam botol air plastik.” 5. Pelatihan Kelinci

Sebagian besar kelinci dapat dilatih sampah, kata Reeves, tetapi mereka harus dimandulkan atau dikebiri terlebih dahulu. “Bahkan, mereka sangat pintar sehingga pada dasarnya mereka melatih diri dengan pengaturan yang tepat,” katanya. “Beri mereka kotak kotoran kucing besar, lapisi dengan beberapa lapisan koran, dan top it off dengan banyak jerami rumput. Tinggal jauh dari sampah tanah liat atau pinus atau cukur cedar. ” 6. Kelinci Dengan Hewan dan Anak-Anak Lain

See also  Cara Merawat Kelinci Bayi

Khawatir tentang bagaimana merawat kelinci jika Anda memiliki hewan atau anak-anak lain? Inilah kabar baiknya: Sebagian besar kelinci sebenarnya lebih suka memiliki teman yang terikat untuk bergaul, kata Reeves. “Tapi Anda tidak pernah bisa hanya menempatkan dua kelinci bersama-sama,” ia memperingatkan. “Bonding bisa memakan waktu, tapi itu sepadan.” Agar ikatan bekerja, Reeves mengatakan kelinci harus dimandulkan atau dikebiri, dan Anda harus mencoba membiarkan kelinci Anda memilih teman mereka sendiri pada tanggal yang diatur oleh penyelamatan kelinci lokal.

“Banyak penyelamatan di seluruh negeri memiliki acara kencan cepat kelinci di mana mereka membantu kelinci menemukan cinta,” kata Reeves. “Setelah peristiwa ini, wali kelinci mungkin masih harus bekerja dengan kelinci mereka selama berbulan-bulan untuk membangun ikatan mereka.” Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda untuk saran sebelum membawa pulang kelinci kedua.

Banyak kelinci juga berbagi rumah dengan baik dengan anjing dan kucing, tetapi karena kelinci adalah hewan mangsa, mereka tidak boleh ditinggalkan sendirian dengan hewan peliharaan lain. Ketika datang ke anak-anak, anak-anak sering dapat diajarkan teknik penanganan lembut untuk kelinci, tetapi ingat bahwa Anda adalah pengasuh, kata Dr. Margolin, jadi Anda tidak boleh bergantung pada anak Anda untuk mengelola perawatan kelinci.

“Kelinci yang lebih muda menjadi yang terbaik dengan orang yang lebih muda, jadi cocokkan energi anak Anda,” sarannya. “Jangan mengadopsi kelinci tua jika Anda memiliki anak muda yang rambunctious. Jika Anda mencampur anak-anak dan hewan peliharaan apa pun, silakan lakukan pemeriksaan tinja secara teratur untuk mencegah penularan parasit ke anak-anak Anda. ”

Sementara belajar bagaimana merawat kelinci mungkin tampaknya melibatkan sejumlah hal yang menakutkan untuk diingat, yakinlah bahwa kelinci bisa menjadi hewan peliharaan yang luar biasa dan sangat bermanfaat, kata Dr. Margolin. “Mereka introvert, suka bermain dan menarik untuk ditonton,” katanya. “Tolong coba adopsi dari organisasi penyelamatan kelinci karena ada begitu banyak kelinci yang tidak diinginkan dan ditinggalkan di luar sana.”